» Traveling » » ID 3465

Jalan-Jalan edisi Jogja

30menit.com – Kereta api Logawa, kereta api ekonomi jarak jauh rute Jember – Purwokerto


03.00 alaram berbunyi. Waktunya bangun, mandi dan prepare sambil nunggu subuh. Btw mo kemana pagi-pagi buta gini? Ada aja. Ikuti ceritanya nanti juga tahu. Hehe.. Jam 04.45 sudah ada di stasiun Jember. Yup start from Jember soalnya memang saat ini domisili ada di Jember. Belum tahu Jember? Wah kemana aja. Itu loh kota kelahiran artis terkenal Anang Hermansyah. Nah.. Tahu kan?

Sesuai jadwal, kereta berangkat jam 05.15. Logawa nama keretanya. Pastinya sudah tahu kan kereta api Logawa? Belum tahu juga? Coba deh buka wikipedia. Males? Yah.. ya udah saya ceritakan sedikit tentang KA Logawa. Logawa adalah salah satu rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan yang melayani rute Jember – Purwokerto. Dulu sebelum juni 2011 diteruskan sampai Cilacap dengan bantuan lokomotif Feeder. Nama kereta ini berasal dari sungai yang ada di wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Stasiun pemberhentian kereta api ini antara lain Klakah, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng, lokomotifnya berputar di stasiun Surabaya Gubeng kemudian diteruskan ke Mojokerto, Jombang, Kertosono, Nganjuk ,Madiun, Paron, Sragen, Solo Jebres, Purwosari, Klaten, Yogya Lempuyangan, Wates, Kutoarjo, Kebumen, Karanganyar, Gombong, dan Kroya. Dulu dari Stasiun Kroya, rangkaian dibagi 2, ada yang melanjutkan perjalanan ke Cilacap, ada juga yang melanjutkan perjalanan ke Purwokerto. Dengan arah sebaliknya, gerbong-gerbong yang datang dari Stasiun Cilacap dan Purwokerto akan disatukan di Stasiun Kroya, lalu berjalan ke timur. Mulai juni 2011 kereta Api Logawa tidak lagi menuju Stasiun Cilacap, hanya sampai Purwokerto.

Tapi ngomong-ngomong ni mo kemana? Cuma cerita kereta Logawa tok. Hehe.. Pukul 14.35 sampai di stasiun Klaten. Setelah ini sampai deh di stasiun tujuan. Yup stasiun Lempuyangan. Ketahuan deh jalan-jalan kali ini coba me-ekploitasi kota wisata Jogja.

Postingan tersebut merupakan cerita bersambung “Jalan-jalan edisi Jogja”
1. Kereta Api Logawa
2. Pengalaman Mahal Harganya
3. Alun-alun Selatan Jogja
4. Kraton Yogyakarta
5. Benteng Vredeburg
6. Candi Prambanan
7. Malioboro
8. Go Home

Tulisan Terkait
Jalan-Jalan edisi Jogja oleh :

Fitri Subekti

peace, green, & osing lover

Memiliki 4 tulisan
Tambahkan Komentar Anda