Hosting Unlimited Indonesia
» Blogging » Cara Mudah Update Wordpress Jika Gagal Auto Update

Cara Mudah Update WordPress Jika Gagal Auto Update

[ Masyhuri Jamil | 05/03/2015 | 4501x viewed | 6 Comemnts ]

30menit.com – Cara mudah update CMS wordpress kamu ke versi lebih baru jika gagal auto update.

wordpress update

Para pengguna wordpress self hosting atau cms wp yang pernah mengalami gagal update otomatis (update melalui halaman pemutakhiran) wp ke versi yang lebih baru seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu mungkin bisa menggunakan cara mudah yang pernah saya lakukan berikut. Sebelumnya saya selalu menggunakan update otomatis di hosting saya sebelumnya yang ada di server eropa. Tidak tahu kenapa setelah pindah hosting ke server lokal Indonesia IIX, saat mau melakukan update otomatis selalu gagal. Mungkin karena faktor hosting kali ya…

Sebelum mengupdate wp, lakukan ritual rutin untuk mendownload backup file dan data base terlebih dahulu dari Cpanel anda. Walaupun menggunakan update otomatis saya tetap menyarankan anda untuk tetap melakukan ritual ini. Untuk jaga-jaga jika gagal update yang kebanyakan file akan berantakan sehingga web pasti eror yang ujung-ujungnya harus uploud ulang. La trus jika tidak ada backup lalu apa yang akan anda upload ulang? Maka lakukan backup dahulu ya..

Cara update wp selain dengan otomatis adalah dengan menimpa file lama dengan file baru dari update wp versi terbaru. Dapat menggunakan file manager pada Cpanel atau menggunakan software remote ftp yang di instal di komputer seperti FileZilla. Saya sarankan anda menggunakan software remote karena menurut pengalaman jarang terjadi gagal upload. Andai gagal software akan otomatis mengulang. Belum punya FileZilla? download di sini. Langkah-langkah update adalah senagai berikut :

  1. Lakukan ritual backup file dan data base web anda.
  2. Download update terbaru wp langsung di wordpress.org ke komputer anda. dan ekstrak ke sebuah folder.
  3. Buka folder hasil ekstrak tadi dan lakukan penghapusan file wp-config-sample.php karena tidak diperlukan.
  4. Selanjutnya masuk ke folder wp-content dan lakukan penghapusan semua file yang ada didalam tapi dengan menyisakan theme bawaan wp yang terbaru. Kenapa dilakukan penghapusan? karena file di dalam wp-content adalah file yang tidak boleh di ganti atau ditimpa. Yang di timpa hanya file yang ada di root directory (kecuali wp-config.php), folder wp-admin, dan wp-includes.
  5. Selanjutnya buka FileZilla anda. Masukkan informasi ftp hosting anda pada form pada bagian atas. Pada kolom mesin silakan isi akun ftp anda. Pada nama pengguna isikan user ftp sekaligus kata kunci yang ada disampingnya dan terakhir klik koneksi cepat. Maka hosting remote anda akan muncul pada FileZilla bagian kanan.
  6. Pada FileZilla bagian kiri browse folder ekstrak update wp yang sudah di lakukan penghapusan beberapa file tadi.
  7. Lakukan Drop semua file tersebut dari sisi kiri ke sisi kanan. Nanti akan muncul keterangan “Apakah file akan di timpa?” Kemudian lakukan penimpaan semua file sehingga file pada hosting akan di timpa dengan file baru. Tunggu sampai proses upload selesai.
  8. Done…!!!

File Zilla

Walaupun kelihatan panjang, akan tetapi jika dilakukan akan cukup simple. Semoga bermanfaan.

Nb : FileZilla yang didownload di atas adalah portable jadi tidak perlu dilakukan instal. Dapat diletakkan dalam flasdisk sehingga mudah dibawa kemana-mana dan yang paling mantab berbahasa Indonesia.

Tulisan terkait
Cara Mudah Update WordPress Jika Gagal Auto Update di atas ditulis oleh :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.

  1. sudah lama saya tidak buka file zila , bagaimana kalau ada kesalahan di dalam file zila, apakah tidak mempengaruhi website nya?

    • Masyhuri Jamil berkata:

      FileZilla adalah software FTP. Apa yg anda maksud kesalahan file itu adalah file yang di tranfer menggunakan FileZilla? File yang kita tranfer kan adalah file update dari wordpress, jd klo masalah file itu sendiri tidak akan ada kesalahan. klo kesalah yg dimaksud itu kegagalan proses tranfer, Filezilla sndr memberikan report nya mana file yg berhasil di tranfer mana yang gagal. tinggal kita ulang saja yang gagal tranfer. Saya rasa web akan tetap baik-baik saja. Karena sy sndri sering melakukan update dengan cara di atas.

  2. Krisna A berkata:

    Pass nya apa kak

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Pass nya ada pada file rar nya itu sndiri. Klik 2x filenya. gunakan software winrar. Nanti pass nya muncul d coment di sebelahnya. Jika dengan software winrar tidak muncul juga mungkin versinya terlalu rendah. Gunakan winrar versi 3.40

  3. syuhada berkata:

    Terimakasih mas, awalnya sya punya masalah failed terus buat update wp, ngikutin cara2 dari anda semuanya berjalan lancar
    sekali lagi terimakasih 🙂