» Traveling » ID 3326 - Gunung Beruk, Bantul nya Ponorogo

Gunung Beruk, Bantul nya Ponorogo

30menit.com – Gunung Beruk Ponorogo wisata alam LIKE Bantul Jogja, Sejuk nan indah.

Berawal dari rasa penasaran, serta rasa malu kalau dalam bahasa jawa “Podo Ponorogone ra eruh Beruk” – “Sama-sama asli Ponorogo gak tahu Gunung Beruk” saya berangkat ke wisata alam ini. Saya memang asli Ponorogo, tapi karena jarang di rumah, jadi saya kurang mengenal gunung beruk. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, lokasi Desa Karangpatihan, Kec Balong, Kab Ponorogo bisa saya tempuh hanya dengan waktu 15 menit an saja.

Dulu, kawasan desa karangpatihan ini terkenal dengan sebutan kampung terbelakang, karena hampir sebagian besar warganya menderita tuna grahita. Tapi berkat hasil kegigihan warganya yang di inisiatifi oleh kelapa desanya, penderita tuna grahita semakin berkurang. Malah kawasan desa karangpatihan ini semakin terkenal karena wisata alamnya yang indah yaitu Gunung Beruk.

Gunung Beruk awalnya ya gunung biasa. Malah dulu sebagian besar tanahnya tandus. Tapi karena kegigihan para karang taruna desa tersebut sekarang Gunung Beruk banyak diperbincangkan, baik secara offline maupun online di berbagai media sosial. Awal-awalnya di gunung beruk ini hanya dibuat rumah pohon kecil, karena gambarnya yang mulai terkenal di media sosial, akhirnya kepala desa karangpatihan berinisiatif mengembangkan kawasan gunung beruk menjadi wisata alam sehingga dibangunlah berbagai spot-spot foto.

Saya berkunjung ke Gunung Beruk ini sekitar 1-2 bulan yang lalu. Tidak ada tiket masuk hanya ada biaya parkir Rp 5.000,-. Saran saya kalau mau ke sini di hari libur (minggu) datanglah pagi kisaran jam 8 anda harus sudah sampai di parkiran. Karena pengunjungnya masih belum terlalu banyak. Jadi anda akan bebas menikmati alamnya. Mau foto-foto juga bagus karena backgroundnya tidak akan rusak oleh pengunjung yang lain. Selama perjalanan dari parkiran sampai ke lokasi spot foto anda akan menemui banyak warung-warung. Saya mencoba salah satu warung saat turun ke parkiran dengan salah satu kulinernya Nasi tiwul lauk tempe dengan minum es chao. Harganya murah meriah gak membuat kantong bolong.

Ayo yang rumahnya Ponorogo, kalau belum pernah ke sini ayo lah main ke sini. Yang luar Ponorogo boleh nih di coba sebagai destinasi wisata. Masukin ke list wisata anda ya. Tonton video berikut agar lebih tertarik berkunjung ke Gunung Beruk.

Tulisan Terkait
Gunung Beruk, Bantul nya Ponorogo oleh :

Fitri Subekti

peace, green, & osing lover

Memiliki 4 tulisan
Tambahkan Komentar Anda