Hosting Unlimited Indonesia
» Traveling » KA Tawang Alun

KA Tawang Alun

[ Masyhuri Jamil | 31/05/2014 | 5036x viewed | 3 Comemnts ]

30menit.com – KA Tawang Alun

Dalam traveling atau jalan-jalan, salah satu faktor utama yang harus ada adalah transportasi. Faktor transportasi berperan penting dalam memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Dalam bepergian banyak moda transportasi yang dapat digunakan, mulai dari kendaraan darat seperti mobil, bus, atau kereta api, kendaraan laut seperti kapal atau veri, dan kendaraan udara yang tidak lain adalah pesawat terbang. Baik kali ini saya coba membahas salah satu moda transportasi darat yang cukup populer dan murah meriah (untuk yang kelas ekonomi) yaitu kereta api dan lebih spesifik lagi adalah Ka Tawang Alun.

Jika anda bepergian melewati kota-kota atau tempat-tempat di antara kota Malang sampai Banyuwangi, Ka Tawang Alun ini patut menjadi pertimbangan anda. Ka yang termasuk jarak menengah ini memiliki rute perjalanan dari Banyuwangi ke Malang dan kemudian kembali lagi ke Banyuwangi dalam 1 hari. Rute stasiun yang dilewati yang mungkin dekat dengan tempat tujuan anda yaitu berangkat dari stasiun Banyuwangi baru (Kab. Banyuwangi) – Karang asem (Kab. Banyuwangi) – Rogojampi (Kab. Banyuwangi) – Temuguruh (Kab. Banyuwangi) – Kalisetail (Kab. Banyuwangi) – Kali baru (Kab. Banyuwangi) – Kalisat (Kab. Jember) – Jember kota (Kab. Jember) – Rambipuji (Kab. Jember) – Tanggul (Kab. Jember) – Jatiroto (Kab. Lumajang) – Klakah (Kab. Lumajang) – Probolinggo (Kab. Probolinggo) – Pasuruan (Kab. Pasuruan) – Bangil (Kab. Pasuruan) – Lawang malang (Kab. Malang) – Malang kota baru (Kab. Malang) – Malang kota lama (Kab. Malang) sebagai stasiun tujuan akhir. Dari stasiun Malang kota lama akan kembali ke rute sebelumnya menuju Banyuwangi. Berangkat dari stasiun Banyuwangi baru di Ketapang Banyuwangi pukul 05.00 wib sampai di stasiun Malang kota lama sekitar pukul 14.00 wib dan tiba kembali di stasiun Banyuwangi baru sekitar pukul 22.00 wib.

Ka Tawang Alun ini jika dilihat dari namanya merupakan kereta yang berasal dari banyuwangi karena kata Tawang Alun merupakan nama dari seorang prabu yang pernah memerintah di kerajaan Blambangan di Banyuwangi. Bagi yang ingin Backpacking dari kota Malang menuju pulau Bali dapat memanfaatkan kereta ini sebagai pertimbangan transportasi karena Stasiun terakhir Banyuwangi baru berada dekat dengan pelabuhan penyebrangan selat bali ketapang – gilimanuk.

Sedikit uraian singkat tentang Ka Tawang Alun. Semoga Bermanfaat.

KA Tawang Alun di atas ditulis oleh :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.
  1. ftri mengatakan:

    menurut saya…
    ~penulisan yg benar adl “budget” bukan “butget”. Lebih aman pakai kata anggaran (walaupun terdengar formal).
    ~untuk kalimat ini “Bagi yang ingin Backpacker dari kota Malang..” kenapa ya saya kok kurang nyaman membacanya. mungkin beda pemahaman saja.
    ~selebihnya cuma penggunaan huruf kapital saja yang perlu diperhatikan, walaupun untuk tulisan tidak formal sebaiknya tetap memperhatikan penggunaan huruf besar kecil dan tanda baca. Ini cuma saran lo ya..
    Secara keseluruhan bagus. Tidak semua orang bisa menuangkan pikirannya dalam sebuah tulisan.
    Selamat menulis..!

    • Masyhuri Jamil mengatakan:

      Wah iya salah.. maklum kurang pinter bahasa inggris. Tapi sudah di revisi. Kayaknya tetep pake kata budget ja.. Lebih nyaman didengar.. Klo huruf kapital saya rasa tidak masalah wong bukan tulisan formal.. untuk Backpacker emang kurang nyaman bagaimana? menurut yang saya baca di “artsons.wordpress.com/istilah-backpacker” backpacker diartikan melakukan perjalanan jauh dari satu kota ke kota lain. Jadi jika dimasukkan ke kalimat dalam artikel ” Bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh dari kota malang ke pulau bali..” kan masih nyaman di baca?

      saya ucapkan terima kasih atas komentarnya..