Hosting Unlimited Indonesia
» Blogging » Membagi Postingan Blog Dalam Beberapa Halaman

Membagi Postingan Blog Dalam Beberapa Halaman

30menit.com – Bagaimana cara membagi postingan blog menjadi beberapa halaman? Ini cara mudahnya.

posting next page

Saat anda menulis artikel yang sangat panjang di blog, pernahkah anda terfikir bahwa nantinya tulisan anda akan panjang ke bawah? Hal ini terkadang akan membuat bosan si pembaca, karena saat di scrooll ke bawah, halaman artikelnya ternyata panjang akhirnya malas deh membacanya. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat membagi tulisan anda dalam beberapa halaman, sehingga artikel yang panjang tersebut akan terlihat cukup pendek untuk di baca.

posting next page 2

Langsung saja caranya cukup mudah, seperti halnya kita membuat “Read more” Jika kita membuat Read more cukup memilih seperti opsi panah A sehingga akan muncul keterangan More seperti pada panah D. Hal tersebut dilakukan dalam mode visual panah B. Coba anda beralih ke mode text panah C. Maka tulisan keterangan More tadi kode htmlnya akan seperti panah E.

posting next page 3Dalam kode html pada panah E tersebut silakan ganti kata “more” menjadi kata “nextpage” sehingga kodenya seperti :

<!–nextpage–>

Kode nexpage di atas dapat anda tambahkan sebanyak kebutuhan anda dan letakkan pada penggalan tulisan dimana anda akan memotong tulisan tersebut. Maka jika anda kembali pada mode visual panah B maka tampilan More pada panah D akan menjadi tampilan Nextpage seperti pada panah F berikut:

posting next page 4Semoga bermanfaat.

Tulisan Terkait
Membagi Postingan Blog Dalam Beberapa Halaman by :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.

Memiliki 133 tulisan.
  1. Saya kira ini bisa untuk blogspot kang, ternyata nggak bisa ya hehehe

    Rasanya saya jadi pengen pindah ke WP self hosted, fiturnya ajib banget soalnya kang

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Iya untuk WP gan. Saya lebih suka WP self hosted. Karena tantangannya lebih banyak, lebih powerfull, bisa sampe buat template sendiri juga. Ayo pindah ke wp gan, banyak kok tutorialnya. He..

  2. imam berkata:

    eh, eh untuk wp ya, kirain bisa juga untuk blogspot, ini susahnya kalau pakek platform gratisan fasilitasnya memang sangat terbatas, mau pakek wp yang self hosting juga belum mampu mengoperasikannya, maklum masih newbie. šŸ™‚ thanks untuk infonya, meskipun belum berguna sekarang tapi bisa menambah wawasan.

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Untuk belajar banyak kok hosting gratis.. wordpress juga semudah blogspot. Cuma keunggulan blogspot anak emas google.

  3. alex berkata:

    wah mantap tu,,, bermanfaat bnget,, jdi nggk susah2 lgi scrool terlalu jauh ke bawah,, mksih byk mas,,,

  4. subhan berkata:

    Menurut saya…Justru pembaca lebih suka scroll untuk membaca karena dia bisa bolak balok keatas kebawah dengan mudah untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Menurut saya, klik readmore atau next agak kurang menyenangkan. Btw..artikelnya sangat bermanfaat. Trims

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Tergantung siapa yang baca sih mas. Menurut saya Kalau koneksi inetnya lemot, di pecah2 akan lbh ringan saat load.

  5. Kalau tutorial begini baru namanya bermanfaat, ilmu yang di tabur akan memberikan kebahagiaan kepada yang menabur.

  6. Inyiak berkata:

    Ini kan untuk WP ya mas….kalau untuk Blogspot gimana cara nya ?
    Thanks..

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Kemaren sudah sy coba buat blogspot. Ternyata gak bisa. Blogspot gak suport. Memang dah dr sononya. Klo di WP (yg self hosting ya alias CMS) ada sebagian code php dalam WP itu sendiri yang dapat mengakomodir fasilitas tersebut. Sy denger2 di WordPress.com juga gak bs. Tp sy blm pernah coba.

  7. ThatGet berkata:

    Mantap,, harus dicoba ni mantemans,,,
    visit back ya

  8. mbak siphe berkata:

    kalau untuk blogspot belum bisa y..mas..thx

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Wah klo blogspot blm nyoba nih. Habis saya berkutatnya dengan wordpress. Jd tutor blognya kebanyakan buat Wp. Coba nanti saya praktekin di blogspot. andai bisa ya saya update artikelnya.

Tambahkan Komentar Anda