Hosting Unlimited Indonesia
» Blogging » Membuat Web Server Wordpress Localhost Portable

Membuat Web Server WordPress Localhost Portable

30menit.com – Berikut cara membuat web server wordpress localhost portable dengan Uniform Server

Untuk tujuan tertentu misalkan untuk mendesain sebuah template wordpress, anda akan memerlukan sebuah web server. Karena wordpress merupakan CMS yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySql, agar wordpress bisa berjalan anda harus memiliki sebuah web server. Untuk membangan web server sesungguhnya yang bisa di akses oleh semua orang akan diperlukan biaya yang cukup besar, namun jika tujuannya hanya untuk mendesain template, menggunakan localhost pun sudah cukup. Dinamakan localhost berarti server tersebut berjalan di komputer local (yang kita gunakan) dan hanya bisa di akses oleh komputer local juga (komputer itu sendiri).

Banyak software yang dapat digunakan untuk membuat web server localhost. Yang paling terkenal adalah menggunakan XAMPP. Akan tetapi di XAMPP ada sedikit kekurangan dengan apa yang saya butuhkan. Karena saya pribadi sering melakukan desain itu berpindah-pindah komputer, maka saya membutuhkan software yang bersifat portable (tidak perlu instal tinggal pakai). Karena alasan inilah XAMPP tidak saya gunakan. Karena XAMPP harus di instal di drive C pada komputer yang kita gunakan.

Sebagai penggantinya saya menggunakan Uniform Server di mana seluruh softwarenya bersifat portable. Softwarenya tidak perlu di instal. Tinggal di ekstrak, letakkan pada flashdrive lalu jalankan.

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan sebuah web server localhost lengkap dengan wodpress yang siap digunakan.

1. Download Uniform Server Versi Coral
Silakan kunjungi http://www.uniformserver.com/ atau http://sourceforge.net/projects/miniserver/files/ untuk langsung downloadnya. Silakan pilih “Uniform Server” tanpa tambahan apa pun. Jangan memilih “Uniform Server Zero”. Sebagai contoh saat postingin ini dibuat, saya memilih “8.9.2-Coral” versi terbaru. Lalu pilih Coral_8_9_2.exe maka file akan otomatis terdownload.

2. Ekstrak file Coral_8_9_2.exe
Setelah terdownload silakan klik 2x file tersebut. Lalu tentukan folder tujuan ekstrak, lalu klik “Exstract” Setelah selesai akan ditemukan folder “Uniserver” Folder uniserver ini silakan letakkan dimana saja terserah anda, bahkan bisa di taruh di flashdrive sehingga mudah dibawa kemana-nama serta dijalankan di komputer dimana saja.

3. Download file wordpress
Sebelum mengkonfigurasi web server download terlebih dahulu file wordpress di http://www.wordpress.org/ Saat postingan ini dibuat, versi terbaru adalah 4.8 Setelah terdownload silakan ekstrak file wordpress dan letakkan di folder “www” pada folder Uniserver.

4. Konfigurasi web server localhost
Buka folder “Uniserver”. Jalankan file Start_as_program.exe Setelah program berjalan, silakan jalankan service aphace dan mysqlnya dengan cara klik start aphace dan start mysql sampai indikator merah muda berubah hijau. Atau bisa dengan klik start both secara otomatis keduanya akan berjalan. Setelah keduanya berjalan yang harus anda lakukan adalah membuat database baru beserta user dan pasword akses untuk wordpress pada mysql. Caranya silakan klik phpMyAdmin. Sehingga cendela pengelolaan database akan kluar pada browser.  Pada laman PhpMyAdmin klik pada Databases. Pada kolom create database silakan masukkan nama database yang di inginkan. Sebagai contoh saya membuat namanya “wordpress” kemudian klik create. Setelah berhasil silakan pindah ke tab useres. Klik add user. Pada kolom User name silakan masukkan nama yang di inginkan. Sebagai contoh saya gunakan “admin”. Kolom host silakan masukkan “localhost”. Kolom pasword silakan masukkan pasword yang di inginkan. Sebagai contoh saya gunakan “admin” sama dengan usernya. Ulangi pada kolom re-type. Pada Global privileges pilih Check All. Terakhir klik “GO” pada pojok kanan bawah.

5. Konfigurasi wp-config.php
Kembali ke folder Uniserver kemudian folder www kemudian folder wordpress, cari file dengan nama wp-config-sample.php Silakan rename file tersebut ke wp-config.php atau hilangkan kata samplenya. Kemudian buka file tersebut menggunakan notepad.  Cari bagian “define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);” edit menjadi “define(‘DB_NAME’, ‘wordpress’);” kemudian “define(‘DB_USER’, ‘username_here’);” edit menjadi “define(‘DB_USER’, ‘admin’);” serta “define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);” edit menjadi “define(‘DB_PASSWORD’, ‘admin’);”. Cukup, yang lain tidak perlu dirubah.

6. Instalasi WordPress
Jika smua sudah silakan masuk ke browser. Akses http://localhost/wordpress secara otomatis akan masuk laman instalasi. Ikuti petunjuk yang ada mulai dari pilih bahasa, judul situs, isi user dan pasword login, serta email, terakhir klik instal.

Done! Seharusnya anda sekarang sudah memiliki situs wordpress pada server localhost dan sudah siap digunakan untuk apa saja termasuk tes template hasil desain anda sendiri.

Jika agan masih bingung silakan lihat video berikut :

Tulisan Terkait
Membuat Web Server WordPress Localhost Portable by :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.

Memiliki 133 tulisan.