Hosting Unlimited Indonesia
» Firmware » Offline Flashing Sony Android Dengan Flashtool

Offline Flashing Sony Android Dengan Flashtool

30menit.com – Begini cara flash ulang Sony android anda dari file .ftf menggunakan Flashtool.

Bagi pengguna device Sony android, mungkin cara satu-satunya untuk melakukan flash ulang adalah menggunakan PC Companion. Tapi sebenarnya ada cara lain yaitu menggunakan Flashtool. Jika menggunakan PC Companion, flash ulang dilakukan secara online karena Pc Companion akan mendownload firmware sony android anda langsung dari server. Berbeda dengan flashtool anda akan membutuhkan file firmware sony android anda berupa file .ftf sesuai dengan tipe device anda. Kelebihan menggunakan flashtool adalah proses flashing dilakukan secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet dengan waktu relatif singkat, akan tetapi kekurangannya adalah tidak semua tipe device ada file firmwarenya untuk di download di internet, terlebih untuk tipe-tipe yang baru karena file ini memang tidak disediakan oleh pihak sony. File firmware ini dibuat oleh para pengembang android yang sebelumnya sudah pernah melakukan flash ulang secara online dengan PC Companion.

Ok langsung saja bagaimana cara flash ulang nya? Siapkan dulu bahan-bahannya.
1. Software PC Companion untuk mendeteksi usb driver. Download langsung dari website sony.
2. Software Flastool bisa di download di sini atau download update terbaru di bawah.
3. File firmware berekstensi .ftf sesuai dengan tipe device sony android anda. Coba search di blog ini siapa tahu sudah pernah saya bagikan. Jika memang tidak ada silakan cari di google. Sebagai contoh tutorial ini saya menggunakan device Xperia Neo L (MT25i)
4. Komputer PC atau laptop, kabel data, dan tentu saja sony android yang akan di flash ulang. Ingat sony android anda setidaknya memiliki kondisi batre diatas 50%.

Berikut Langkah-langkahnya :
1. Instal PC Companion dan Flashtool pada komputer pc anda. Secara default Flashtool akan terinstal di C:\Flashtool (versi Flashtool pada contoh adalah versi 0.9.18.6)
2. Letakkan file firmware .ftf anda pada folder firmware di C:\Users\“UserKompiAnda”\.flashTool\firmwares (untuk windows 7 ke atas) atau C:\Document and Settings\“UserKompiAnda”\.flashTool\firmwares  (untuk windows xp). Untuk “UserKompiAnda” namanya tergantung nama user pada komputer anda.
3. Masuk ke software flashtool dengan klik 2 kali pada Flash Tool.exe
4. Kemuadian klik gambar petir lihat panah A. Pada bootmode chooser lingkaran B pilih Flash Mode dan klik ok.
5. Pada firmware selector pilih file firmware yang akan anda flashkan ke device sony sesuai tipe. Sebagai contoh pada gambat Xperia Neo L (ST25i).
6. Perhatikan kotak C. Wipe user data jika di centang akan menghapus semua data user, Wipe cache jika di centang akan menghapus semua cache. Jadi jika ingin data user seperti kontak, sms, dsb tidak hilang maka anda cukup menghilangkan centangnya. Tapi jika ingin kembali seperti pengaturan pabrik, centang semua atau posisikan seperti gambar.
7. Pada kotak D. Exclude bisa diartikan tidak disertakan. Jadi jika di centang salah satu, bagian dari firmware yang di centang tersebut tidak akan disertakan untuk di flash kan ke HP anda. Contoh : anda mencentang kernel maka kernel yang ada di firmware tersebut tidak di flashkan ke HP anda, sehingga kernel yang digunakan masih kernel yang lama yang ada di dalam HP anda. Jika yang diinginkan kembali sesuai kondisi pabrik kondisikan sesuai gambar saja (jangan ada yang dicentang). Kemudian klik Flash.
8. Setelah muncul kondisi gambar sesuai gambar E, sambungkan device menggunakan kabel data usb ke komputer pc tetapi sebelum disambungkan pencet dan tahan tombol back atau tombol volume bawah jika tombol back anda layar sentuh sampai led menyala dengan warna hijau, baru tombol bisa dilepaskan dan proses flashing akan berjalan.
9. Tunggu hingga proses 100% ditandai dengan flashing finished panah F, baru lepas kabel data dari PC. Kemudian nyalakan device. Mungkin agak lama. Selesai.

Flashtool01

Flashtool02

Flashtool03

Semoga bermanfaat.

Catatan tambahan :

Jika list firmware tidak muncul pada cendela “firmware selector (gambar 1)” padahal sudah di copy kan ke folder firmware, hal tersebut di karenakan file firmware hasil bundle saya dulu proses bundlenya menggunakan versi flashtool yang lebih rendah alias versi lebih lawas dari yang di gunakan teman-teman saat ini.

Solusinya gunakan flashtool versi 0.9.20.0 ke bawah. Atau lakukan bundle ulang dengan cara seperti cara Mengatasi loader.sin eror. Tetapi tidak perlu ada yg di hapus. Cukup ekstrak trus langsung bundle.

Berikut Update versi Flastool :

  • Update Flashtool versi 0.9.18.2 download di sini.
  • Update Flashtool versi 0.9.18.5 download di sini.
  • Update Flashtool versi 0.9.18.6 download di sini. Jika saat instal dideteksi sebagai virus, matikan sementara antivirus anda. Di jamin tidak ada virusnya kok.
  • Update Flashtool versi 0.9.19.8 download di sini.
  • Update Flashtool versi 0.9.19.9 menggunakan patch tetap menggunakan instalasi versi 0.9.19.8 download di sini. Copy and replace ke folder C:\flashtool.
  • Update Flashtool versi 0.9.20.0 download di sini.
  • Update Flashtool versi 0.9.22.3 download di sini.

NB : Jika file terhapus atau eror download atau ada pertanyaan silakan komentar di bawah.

 Jika masih gagal karena masalah driver usb silakan baca Sony Android Usb Flash Driver terlebih dahulu. Mungkin membantu.

Jika ada yang eror dengan pesan “ERROR – Processing of loader.sin finished with errors.” Coba cara berikut Mengatasi loader.sin eror. Semoga bisa membantu.

Tulisan Terkait
Offline Flashing Sony Android Dengan Flashtool by :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.

Memiliki 123 tulisan.
  1. wahyu d putra berkata:

    tolong dibantu.
    saya sudah instal flashtool versi terbaru, dan juga firmware sudah saya download untuk xperia XZ.
    flashmode driver, fastboot driver dan juga driver xperia XZ sudah saya instal di PC.
    tetapi firmware yang saya download tetap tidak bisa terbaca di aplikasi flashtool.
    mungkin ada solusi lain.
    terima kasih.

    nb: firmware saya download dari xperiablognet.