Hosting Unlimited Indonesia
» Traveling » Pengalaman Mahal Harganya [ Jalan-Jalan edisi Jogja ]

Pengalaman Mahal Harganya [ Jalan-Jalan edisi Jogja ]

30menit.com – Anda percaya bahwa pengalaman itu harganya mahal?

Gerimis menyambut saya di Stasiun Lempuyangan. Ini pertama kalinya saya ke Jogjakarta. Perjalanan kali ini adalah untuk memenuhi rasa penasaran saya pada kota Istimewa ini. Saya memutuskan naik becak untuk mencari penginapan. Selain karena bisa lebih leluasa menikmati suasana kota, tukang becak di Jogja juga bisa jadi tour-guide yang oke loh. Tidak terlalu sulit mencari penginapan di Jogja. Banyak sekali hotel dan motel yang bisa dijadikan pilihan untuk menginap, tentu saja dengan harga yang bervariasi mulai harga seratus ribuan hingga jutaan rupiah.

Eit..s.. sebelum itu ada sedikit cerita tentang pengalaman. Dan masalah transport ini yang menjadi pengalaman saya. Sebelum saya berangkat ke Jogja, saya coba cari informasi ke temen yang sudah pernah ke Jogja. Bagaimana agar transport di sana dapat ditekan. Karena sebagian besar tempat wisata di kota Jogja itu jaraknya dekat, banyak yang menyarankan untuk menggunakan bus Trans Jogja karena biayanya cukup murah jika dibandingkan ojek, taksi, atau becak. Catatan : ini jika dilihat dari traveling ala backpacker.

Jujur saja budget saya untuk jalan-jalan ke Jogja ini tidak terlalu besar, jadi harus sehemat mungkin walaupun akhirnya saya harus mmbayar mahal untuk pengalaman saya. Kalau untuk ojek atau taksi gak usah di bahas pasti ongkosnya di atas rata-rata untuk muterin kota Jogja. Kita bahas becak karena itu kendaraan yang saya gunakan saat pertama datang di kota Jogja. Saya harus membayar Rp 50.000,- untuk berpindah dari Lempuyangan ke jln Parangtritis, padahal jika menggunakan bus Trans Jogja + sedikit jalan kaki hanya butuh ongkos + Rp 5.000,- saja. Hahaha beda jauh ya.. Gpp lah itu harga untuk pengalaman saya.

Saat saya pertama keluar dari stasiun Lempuyangan, saya tanya ke tukang parkir “Halte bus Trans Jogja sebelah mana ya?” Jawabnya ”Wah ndak ada mbak. Ada tapi Jauh, jalan kaki butuh setengah jam. Mending naik ojek, taksi, atau becak.” Padahal jika anda tahu halte bus terdekat ada di stadion Kridosono sebelah utara stasiun Lempuyangan jalan kaki butuh waktu sekitar 10 menit. Rp 45.000,- memang bukan nilai yang besar sekali, tapi untuk ukuran pengalaman rasanya cukup mahal ya..?

Berikut gambar rute bus Trans Jogja jika belum berubah.

Postingan tersebut merupakan cerita bersambung “Jalan-jalan edisi Jogja”
1. Kereta Api Logawa
2. Pengalaman Mahal Harganya
3. Alun-alun Selatan Jogja
4. Kraton Yogyakarta
5. Benteng Vredeburg
6. Candi Prambanan
7. Malioboro
8. Go Home

Tulisan Terkait
Pengalaman Mahal Harganya [ Jalan-Jalan edisi Jogja ] by :

Fitri Subekti

peace, green, & osing lover

Memiliki 9 tulisan.