Hosting Unlimited Indonesia
» APK » Perbesar Memory Internal Yang Terbatas Pada Android Dengan Link2SD

Perbesar Memory Internal Yang Terbatas Pada Android Dengan Link2SD

[ Masyhuri Jamil | 25/07/2013 | 67894x viewed | 67 Comemnts ]

30menit.com – Perangkat android anda jadul? Ini solusi memory internal terbatas pada android jadul.

Permasalahan yang sering muncul pada perangkat android jadul adalah keterbatasan memori internal. Memori internalnya mungkin dalam kisaran beberapa mb saja. Memori internal yang kecil mungkin akan menyulitkan pengguna android jadul jika akan menginstal banyak aplikasi. Akan tetapi disinilah kelebihan OS android menurut saya. Dengan sedikit modifikasi perangkat android jadul anda dapat menginstal banyak aplikasi tanpa pusing memikirkan memori internal yang terbatas. Modifikasi yang dimaksud adalah memanfaatkan aplikasi “LINK2SD”.

Link2SD

Bagaimana cara kerja link2sd? Aplikasi ini akan memindahkan aplikasi yang kita instal di luar aplikasi system (aplikasi yang di instal di partisi “data” memori internal) ke memori eksternal “SD Card” kemudian membuat link nya di partisi “data” memori internal. Dengan bahasa mudahnya : aplikasi yang kita instal sebenarnya ada pada Sd Card tapi secara system android aplikasi tersebut tetap terbaca dan tersimpan di partisi data memory internal. Jadi seolah-olah memori internal kita menjadi lebih besar padahal memang tidak kita gunakan sehingga “Free space”nya tetap besar.

Ok mari kita bahas step by stepnya. Sebelumnya kita harus memenuhi syarat-syaratnya. Yaitu :

  • Perangkat android harus sudah dalam keadaan di Root. Bingung apa itu root android? Coba ke sini. Untuk cara rootnya coba googling, soalnya kalau dibahas disini pagenya akan terlalu panjang.
  • Kartu SD Card harus sudah terpartisi jadi 2. Ingat…! Partisi pertama untuk menyimpan file-file data layaknya sd card biasanya seperti buat nyimpan lagu, gambar, video, dst. Format partisi pertama adalah Fat32. Partisi ke dua formatnya bisa memilih, bisa Fat32, ext2, ext3, atau Ext4. Partisi ke dua inilah yamg dipakai untuk menyimpan aplikasi yang dipindahkan nantinya. Jadi ukuran partisi ke dua inilah yang disesuaikan, sisanya masukkan ke partisi pertama saja.
  • Bakcup dulu semua data di sd card ke komputer laptop atau pc anda. Karena dalam proses partisi sd card nantinya akan dilakukan format sehingga semua data akan hilang.

Mari kita bahas cara mempartisi sd card terlebih dahulu. Proses ini dilakukan di komputer PC atau laptop.

1. Instal Software partisi “Mini Tool Partition Wizard” yang bisa di download di sini.
2. Setelah terinstal , buka sotwarenya. Harddisk dan sd card anda akan terbaca seperti ini.
Partisi sd card 1Lihat tanda panah. Itu contoh status sd card saya dengan kapasitas 14,9 gb format Fat32.

3. Lakukan penghapusan partisi sd card dengan mengeklik tombol delete kemudian disusul tombol apply. Lihat panah 3a dan 3b. Jika muncul pesan “Apply ending changes?” pilih “Yes” saja. Jika berhasil menghapus partisi akan muncul pesan “Apply all the pending changes successfully” kemudian klik “ok” selain itu status dari sd card yang tadinya kapasitas 14,9 gb format Fat32 menjadi “Unallocated”Partisi_sd_card_2

4. Setelah statusnya unallocated segera buat partisi pertama yang ditujukan untuk penyimpanan file data user seperti lagu, gambar, video, dsb dengan format Fat32. Klik tombol “Create” (4a)
Partisi_sd_card_3Maka akan muncul dialog untuk membuat partisi pertama.Partisi_sd_card_4Perhatikan panah “4b, 4c, dan 4d”. Panah 4b isi dengan “Primary”. Panah 4c pilih “Fat32”. Panah 4d adalah cara untuk menentukan kapasitas partisi pertama. Lihat pada gambar langkah ke 2, total kapasitas sd card saya adalah 14,9 GB. Karena saya ingin mengalokasikan kapasitas penyimpanan link2sd adalah 2 GB maka partisi pertama saya alokasikan sebesar 12,9 GB seperti pada gambar di atas. Untuk masalah ukuran sesuaikan dengan kapasitas sd card anda serta keinginan anda sendiri. Ingat cara menentukan ukurannya gunakan fasilitas geser pada panah 4d. Setelah itu klik “ok”. Lanjutkan dengan mengeklik “Apply” seperti pada panah 3b.

5. Buat partisi ke dua untuk link2sd. Klik dulu pada Unallocated pada sd card.Partisi_sd_card_5Kemudian klik tobol “Create” seperti pada tombol 4a. Maka akan muncul dialog pembuatan partisi ke dua. Tapi sebelum dialog pembuatan partisi ke dua muncul ada pesan “The new created partition cannot be used in windows. Because windows could only recognize the first partition on a removable disk.” Klik “yes” saja.Partisi_sd_card_6Untuk panah 5a tetap pilih “Primary”. Panah 5b silakan pilih format sesuai keinginan. Sebagai informasi format yang didukung link2sd adalah Fat32, Ext2, Ext3, dan Ext4. Pengalaman saya pernah menggunakan format Ext2 ternyata setelah sekian hari terjadi eror tidak bisa membuat link. Kemudian saya coba menggunakan Fat32. Sampai sekarang masih aman-aman saja. Tetapi format yang dipakai bebas diantara keempatnya. Untuk panah 5c tidak perlu dilakukan perubahan karena menggunakan sisa space yang ada. Setelah itu klik “ok”. Lanjutkan dengan mengeklik “Apply” seperti pada langkah partisi pertama.

6. Yup Partisi sudah berhasil di buat tampilannya akan seperti ini.Partisi_sd_card_7Panah 6a merupakan partisi pertama untuk menyimpan data user dan panah 6b adalah partisi ke dua untuk penyimpanan link2sd.

Sekarang waktunya melakukan pemasangan sd card pada perangkat android dan melakukan setting pada aplikasi link2sd.

1. Jika belum menginstal link2sd silakan instal dulu. Saya sarankan anda download langsung di Play store sehingga anda akan mendapatkan versi aplikasi yang paling baru. Saat tutorial ini dibuat versinya adalah 2.4.4. Atau klik di sini. Sudah di instal? Lanjut ke langkah kedua.

2. Buka aplikasi link2sd. Pilih format system pada “Partisi ke dua”. Jika menggunakan ext2 maka pilih ext2 juga. Karena saya menggunakan format Fat32 maka saya pilih Fat32/Fat16. Jika sudah lakukan reboot pada perangkat android anda.link2sd_1

3. Jika langkah yang dilakukan sukses, setelah reboot buka aplikasi link2sd dan muncul keterangan versi aplikasi gambar “apa yang baru”. Untuk lebih menyakinkan pilih option pada device kamu kemudian pilih info penyimpanan.link2sd_2

4. Yup semua sudah selesai. Langkah ini di coba pada device SK17i Xperia Mini Pro Sonyericsson. Saya rasa di device lain caranya sama. Oya satu lagi. Agar setiap melakukan instalasi aplikasi baru atau pembaruan aplikasi yang sudah terinstal otomatis dipindahkan ke sd card oleh link2sd lakukan pengaturan sebagai berikut, Pilih option, lalu pengaturan. Centang pada “Otomatis Link-kan” kemudian pilih pengaturan auto link. Pastikan ke tiga opsi telah tercentang semua.link2sd_3
link2sd_4Sedikit bukti bahwa link2sd benar-benar bekerja untuk android jadul anda.

Jika ke 5 aplikasi ukurannya di jumlahkan maka total ukurannya sekitar 186,72 mb. Sedangkan pada gambar memori internal yang digunakan 90 mb. Itu membuktikan bahwa ke 5 aplikasi tetap terbaca sebagai aplikasi yang tersimpan pada memori internal akan tetapi sebenarnya tersimpan pada sd card partisi ke dua.

Semoga Bermanfaat.

NB Jika gambar terlalu kecil kurang jelas coba download resolusi yang lebih tinggi di sini. Jika link di atas ada yang rusak silakan komentar di bawah, Secepatnya akan diperbaiki. Bebas untuk di copy paste dan di shere asal tetap mencantumkan link artikel ini.

Update Tambahan yang cukup penting (8-9-2013)
– Jangan menginstall link2sd terlebih dahulu sebelum sd card di partisi. Jika memang aplikasi sudah terinstal dulu, di remove aja. Jika sd card sudah terpartisi dan terpasang pada hp, silakan instal ulang aplikasi link2sdnya.
– Tiga hari yang lalu sudah berhasil saya praktekin lagi di samsung galaxy young yang notabene memory internalnya hanya 200an mb.

Tulisan terkait
Perbesar Memory Internal Yang Terbatas Pada Android Dengan Link2SD di atas ditulis oleh :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.

  1. 9benua berkata:

    Dulu setelah di root terus gagal mindahin apk ke eks mem… Trus di info kalo harus memakai memory yg clas 10. Apa bener ?

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Klo hanya d root itu blm bs mindahin gan. Harus ada scrip atau aplikasinya. Jadi setelah di root instal link2sd. Baru operasi pemindahannya menggunakan link2sd. untuk memory disarankan pake clas 10 ke atas. Berhubungan dengan kecepatan baca tulis memory. Gagal mindah mungkin bisa di sebabkan karena proses baca tulis lambat. Jd di sarankan yg class 10.

  2. junaidi berkata:

    Gan ane udh coba buat 2 partisi tapi di hp enggak ke baca gan gimana gan. Ane menggunakan hp sony xperia m taught25i

    • Masyhuri Jamil berkata:

      bs buat hp apa aja kok gan. Klo langkahnya sudah benar seharusnya partisi pertama (FAT32) terbaca oleh HP. Klo untuk partisi ke 2. Entah itu Ext 4 atau yg lain memang tidak terbaca oleh HP. Tapi akan terbaca oleh link2sd.

  3. luki berkata:

    Kalau di pasang buat hp xperia j st26i bisa gak…..?

  4. Ganteng berkata:

    Mantaaaap gan!

  5. Dany Yumansyah berkata:

    Gan pake memory card 2gb apa bisa ?
    Tolong di jawab///

  6. Rian Nugroho berkata:

    pas buka link2sd, kok muncul script mouth error

  7. SanZ berkata:

    Gan,, masih aktif gk??

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Apanya yg msh aktif? Mohon kalau bertanya yang jelas, jd kita kalau mau menjawab bisa sejelas-jelasnya

  8. por berkata:

    Good day! This is kind of off topic but I need some help from an established blog.

    Is it very difficult to set up your own blog? I’m not very techincal but I
    can figure things out pretty fast. I’m thinking about making my own but I’m
    not sure where to start. Do you have any points or suggestions?
    Thanks

    • Masyhuri Jamil berkata:

      For how easy it is to use “blogger.com” or “wordpress.com”. But if you want like “30menit.com” you should use cms wordpress which can be found at wordpress.org

  9. […] : 1. Lakukan partisi sd card terlebih dahulu dengan langkah-langkah seperti di tutorial Perbesar Memory Internal Yang Terbatas Pada Android Dengan Link2SD tetapi cukup sampai pembuatan partisi saja. Gunakan format partisi ke dua dengan Ext2 atau Ext3. […]

  10. Ramadhan berkata:

    Thanks infonya… ^^

  11. tiara berkata:

    saya pake vandroid t1a (advanced) tapi yg partisi 2 nya tidak terdeteksi di storagenya, kenapa ya?

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Partisi 2 tidak akan terdeteksi di storage. Karena bukan untuk penyimpanan masal. Cara mudah ndeteksinya pake link2sd itu sendiri. Seperti gambar link2sd yang ke dua itu. Yang ada tulisannya info penyimpanan. Partisi dua ini letaknya klo dilihat pake root eksplorer ada di /data/SDEXT2 klo gak salah. Klo gak sdext2 ya apa gitu yang mirip itu. Pokoknya ada di dalam partisi data bukan di partisi storage.

  12. budi berkata:

    kapasitas memori minimal brpa brother???
    apa gak ada batasan kapasitas brother??

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Klo kapasitas memori ngikutin hpnya aja. Kan ada tuh suport up to berapanya. Kayak punya ane cuma support up to 16gb ya tak kasih 16gb aja. Sedangkan buat pembagian partisi yang kedua terserah agan. Tapi saran saya 2 gb aja. Kayaknya itu dah ckp buat istal aplikasi2..

  13. Raka berkata:

    Kang, Andriod mito bisa gak nih? Udh Jely bean sih tapi setelah saya baca diatas kan prakteknya di lakukan pada samsung dan sony :).. maklum chinesse dan saya juga masih awam ngulik android

    • Masyhuri Jamil berkata:

      link2sdnya kan mengikuti perkembangan andro juga kang.. Jd menurut saya tetep bisa aja. Yang saya kurang tahu nanti cara ngeroot mito itu. Kan syarat utamanya harus di root dl.

  14. Raka berkata:

    Bang android Jely bean Dari mito bisa gak nih make cara kayak gini? Chinesse punya takut gagal.. maklum awam 😀

  15. adin berkata:

    gan mau nanya hp ane galmin sama ,udah suksek instal link2sd partisi ke 1 fat32 partisi ke2 ext2 ,tp masalahnya sekarang setiap mau instal aplikasi dari play store ataupun file apk nya langsung tidak bisa ,pada saat proses instal pasti selalu restart hp nya .itu kenapa yah mhon solusinya tx .ane pake cusrom dxkt5.

  16. Fadly berkata:

    Kang passworld Rar MiniPartitionWizardnya Apa..?

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Paswordnya ada di coment rarnya itu sendiri. Rarnya buka pake winrar dengan klik 2x. Di samping bagian coment nanti ada keterangan pasword. Jika coment tidak muncul berarti winrar anda versi lama. Gunakan winrar versi terbaru.

  17. iyos berkata:

    Mau tanya mas bro,link2sc dgn clean master sm ga y?tq

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Kayaknya beda mas bro.. Clean master itu mirip tune up utilities klo di pc. Sedangkan fungsi link2sd adalah memindahkan aplikasi yang sudah di instal dari memori telepon ke memori eksternal (sd card). Klo mo nyamain mungkin mirip ma script Ungaze coba baca Memperbesar memori internal dengan Ungaze

  18. Beranda News berkata:

    Kebetulan aku pakai Sony Xperia J, aku menggunakan metode ubah file Vold.fstab nya untuk menukar fungsi mount SD Cardnya biar Ex card dibaca jadi in card dan sebaliknya!

  19. fauzan berkata:

    punya saya setelah dipartisi malah gk kebaca di HP, malah muncul pesan “sayangnya, com.sonyericsson.usbux telah berhenti”.
    kira-kira yg salah sd cardnya atau hpnya ?
    HP : sony xperia J
    sd card toshiba class 10
    terima kasih

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Kalau dilihat dari terbaca atau tidaknya, kemungkinan besar kesalahan pada partisi. Coba ulangi melalukan partisi. Ingat setiap satu langkah dalam melakukan partisi biasakan di apply dulu. Jangan melakukan semua langkah baru di apply. Contoh. Setelah melakukan delete partisi lakukan apply dulu baru lanjutkan create partisi kemudian apply lagi. Jangan melakukan “delete -> create -> trus apply”. Tapi lakukan “delete -> apply -> create -> apply” dan seterusnya.

      Semoga berhasil.

    • Beranda News berkata:

      Mending root aja Ponselnya, kebetulan saya pengguna Xperia J, Habis root baru ganti EX_card jadi In_card ari aja caranya di grup FB Official Sony Xperia J atau bisa di lihat di blog ku trus search pada bidang pencaharian dengan keyword Xperia J di situ ada sob! Moga bisa membantu!

      • Masyhuri Jamil berkata:

        Boleh nih di coba. Tapi sayang saya belum punya xperia J.. He..

      • Chilmar berkata:

        blog nya anda bisa dibaca dimana ? saya cari referensi untuk nge root Sony Ericsson Xperia Arc.

        • Masyhuri Jamil berkata:

          Itu mas Chilmar klik di Tulisan “Beranda News” klo mau ke blognya. Tapi pernah saya tanyakan tutornya hanya bisa buat Xperia J. Selain itu gak bisa. Saya sendiri belum pernah uteg-uteg Xperia Arc. Jd blm th cara rootnya. He… Kan harus terbukti berhasil ngeroot baru saya berani buat tutornya.

  20. […] sebelumnya saya pernah membuat tutorial tentang Memperbesar Memori Internal dengan aplikasi Link2sd, kali ini coba mau share memperbesar memori internal dengan script Ungaze. Konsep script ini adalah […]

  21. roger berkata:

    bos saya sudah pratekan , suskes bos bisa jadi link di link2 sd,tapi kok internal saya tetap penuh bos?

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Ada memang beberapa aplikasi itu tidak bisa di link kan, karena merupakan update dari aplikasi sistem. Kalau seperti itu saya sarankan di hapus saja aplikasi sistem yang minta update tersebut. Kemudian menginstalnya secara manual. Aplikasi tersebut contohnya seperti facebook, twitter, whatsapp, dan sejenisnya yang letaknya di “/sistem/app”. Nanti setelah di hapus dan di instal manual lagi letaknya akan berubah di “/data/app”. Aplikasi yang letakknya di data tersebut akan dapat dilink kan oleh link2sd. Sehingga memori internal akan lebih longgar.

      Atau mungkin anda bisa menggunakan script ungaze. Dengan script ini memory internal akan benar-benar bertambah. Tdak perlu melakukan cara di atas. Baca Memperbesar Memori Internal Android Dengan Ungaze

  22. Reyhan berkata:

    gan, cara membackup nya gimana ya gan ? HP aku Xperia E single card

  23. […] aplikasi Link2sd buat memindahkan aplikasi ke memory eksternal sd card. Caranya coba baca Perbesar Memory Internal Yang Terbatas Pada Android Dengan Link2sd. Tapi tutor tersebut agar bisa di aplikasikan, Samsung Galaxy Young atau Mini anda harus di lakukan […]

  24. Hairul berkata:

    saya sudah coba cara di atas,,tapi saat aplikasi di pindah ke sd card,aplikasi tidak bisa terbuka,,gimn ya??apa ada yang salah??

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Terkadang link2sd gagal melinkkan aplikasi anda. Saran saya coba uninstal aplikasinya. Kemudian reboot hpnya. Setelah itu coba instal lagi aplikasinya. Jika pengaturan pada link2sd tentang otomatis link kan sudah diaktifkan maka secara otomatis juga aplikasi yang barusan di instal akan dipindahkan ke partisi 2 sd card.

  25. jipay berkata:

    Gan, ane punya masalah internalnya cuma 100 mb, walau dah ditambah partisi 2 tetep aja internal 100 mb, dan kebanyakan aplikasi sistemnya gk mau update karena gk ada sizenya lagi

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Maaf 100 mb itu memang kapasitasnya atau sisanya segitu? Dan bisa disebutkan aplikasi sistem yang tdk bisa diupdate itu apa saja? Klo apk sistem itu seperti FB, Twitter, Gmail, Maps, Google+, Whatsapp, Line, dll saya sarankan dihapus saja apk tersebut dari partisi sistem menggunakan root explorer tetapi backup dulu di sd card. Kemudian lakukan instal lagi dari sd card. Dengan begitu aplikasi tersebut akan masuk partisi data, sehingga dapat dipindahkan ke partisi ke dua oleh link2sd. Setelah dipindahkan nantinya jika dilakukan update akan otomatis dipindahkan juga updatenya ke partisi dua oleh link2sd.

      Perlu dipahami lagi. Sebenarnya tutorial diatas tidak akan menambah jumlah memori internal. Hanya seolah-olah bertambah karena sebanyak apapun anda menginstal apk akan dipindahkan ke sd card, sehingga memori internal tidak terpakai. Jika memang kapasitasnya hanya 100mb selamanya ya akan 100mb.

  26. tonojail berkata:

    ko partisi 2 gak bisa

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Gak bisa gimana mas bro.. Mungkin bs di perjelas? Coba lebih teliti step by stepnya.. Dan coba baca komentar2 yang sudah ada..

  27. bagus berkata:

    kalo untuk samsung galxy fit gmna ? bisa ga gan , tanks sebelumnya.

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Saya rasa bisa. Sudah pernah di coba temen di galaxy young dan galaxy mini. Working banget..!

  28. arif nurdiansyah berkata:

    untuk micro sd yang digunakan apa selalu harus yang level 10?
    selain itu bisa atau tidak.

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Tidak harus… Saya pernah mencobanya di merk vege* Bisa kok. Cuma akan lebih baik jika levelnya class 10. Karena pembacaannya akan lebih cepat. Mengingat yang akn dipindahkan adalah aplikasi, semakn cepat pembacaannya semkn cepat juga proses apliksai itu berjalan. Ada kemungkinan jika tidak menggunakan class 10 akan terjadi “not responding” alias hank..

  29. farchan berkata:

    gan…. cara download nya gimana.. nggak ngerti nih

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Cara download apanya? Link2sdnya ato mini partitian tool nya?
      Klo link2sdnya cara mudah downloadnya dari playstore aja. Sedangkan Mini partition tool nya ya tinggal klik linknya aja nanti akan masuk adf.ly klik skip aja di pojok atas. Baru masuk ke mediafire. Ikuti petunjuk di mediafire. Beres…!

  30. RIZKI RAMADHAN berkata:

    INFO NYA CUKUP BAGUS.HP SAYA MERK SMSUNG S 5360.APAKAH SAYA HARUS MENDOWNLOAD LINK2 SD ITU.TERUS APAKAH DATA SAYA YANG ADA D KARTU MEMORI AKAN HILANG SEPERTI LAGU,FOTO.

    Dan misalkan kita sdah mendownload LINK2SD trsebut,jdi kartu memo kta sprti mengcopy ya.
    sekian pertanyaan saya dan trima kasih atas info nya.

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Saya tidak tahu samsung S 5360 itu speknya kayak gmn khususnya tentang memory. Perlu sy tekankan. Klo memang spek memory hp kita sudah cukup untuk menginstal semua aplikasi yang kita butuhkan sy rasa tidak perlu atau mungkin tidak butuh link2sd. Jd tutor ini sebenarnya ditujuakan buat hp2 andro dengan memory internal yang kecil. Seperti samsung galaxy young, galaxy mini, dan kawan-kawan yang se level. Ato xperia x10 mini dan mini pro, xperia x8, xperia w8 dan kawan-kawan yang selevel juga.

      Untuk pertanyaan anda “Dan misalkan kita sdah mendownload LINK2SD trsebut,jdi kartu memo kta sprti mengcopy ya.” Sy kurang tahu maksudnya. Aplikasi link2sd ini fungsinya untuk memindahkan aplikasi yang kita instal ke memory eksternal.

  31. Joni berkata:

    Sob, sd card 8gb sy setelah dipartisi menjadi 2 partisi yaitu Fat32 dan EXT2 koq jadi gak terbaca di tablet ya?
    jadi EXT2 itu masih terbaca pd saat ngelink app pake Link2SD . namun partisi pertama (FAT32) ini yang tidak terbaca oleh sistem (pada Setting-Storage Space nya 0), padahal sebelum di partisi menjadi 2 , SDcardnya terbaca koq.
    pd saat akan save hasil jepretan camera, muncul error message bahwa eksternal memori penuh dan dipaksa untuk save di memori internal.
    udah sy cek pake File Manager (AndroZip) semua filenya di FAT32 gak ilang, cuma diproperti dicantumkan Used/Free Space nya Internal Storage lho, pdhal filenya ada di eksternal. saya jadi bingung dan gak ngerti permasalahannya dimana.
    mohon bantuannya sob.
    terima kasih.

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Kayaknya ada kesalahan saat melakukan partisi. Atau partisinya eror. Biasanya karena cardreader yang digunakan. Kemaren temen sy sempat kayak gitu juga. setelah ganti cardreader yg lebih bagus pembacaannya akhirnya partisinya normal.

  32. aandrie77 berkata:

    jika ganti akan mengganti microsd, apakah hasil copy sdtext td harus dipindah juga ke microsd yang baru ? dan cara copy nya dimana? apakah di hh atau di pc? tks

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Seandainya kita sudah menggunakan link2sd, kemudian ingin mengganti sd card kita mungkin dengan kapasitas yang lebih besar, cara paling mudah adalah dengan memanfaatkan backup and restore pada menu cwm recovery. Tapi jujur cara ini blm pernah sy lakukan, tp sdh penh sy baca di xda-devoleper. Caranya : masuk ke menu cwm recovery hh anda. Lakukan backup (otomatis juga akan membackup apk yang ada di sd ext) dan file backup akan tersimpan pada sd card yang lama. Kemudian siapkan sd card yg baru tentunya sudah dilakukan partisi di kompi sesuai keinginan. Kemudian copi file backup dr sd card lama ke sd card baru pake kompi. Pasang sd card baru di hh dan masuk menu cwm. Sekarang lakukan restore. Otomatis file apk yang seharusnya ada di sd ext juga akan di restore. HH akan kembali seperti sedia kala dengan sd card yg baru. Tutor ini menurut komen yg sy baca sudah banyak yg berhasil hanya saja sy belum mempraktekkannya, sehingga belum th kebenarannya.

      jika sodara aandrie77 berhasil melakukannya boleh donk di share disini. semoga bisa membantu

  33. ifan berkata:

    ni bisa bwat android mediatek gk gan???

    • Masyhuri Jamil berkata:

      Di atas memang sy praktekin di sony xperia mini pro. Tapi Saya rasa bisa buat semua device android. Asaal sudah di “ROOT” devicenya. Baru 3 hari yang lalu sy praktekin lagi di samsung galaxi young. Lancar jaya kok..