Home » Directory »

Perbesar Memory Internal Yang Terbatas Pada Android Dengan Link2SD

Masyhuri Jamil - 25/07/2013 - 97312x views

30menit.com – Perangkat android anda jadul? Ini solusi memory internal terbatas pada android jadul.

Permasalahan yang sering muncul pada perangkat android jadul adalah keterbatasan memori internal. Memori internalnya mungkin dalam kisaran beberapa mb saja. Memori internal yang kecil mungkin akan menyulitkan pengguna android jadul jika akan menginstal banyak aplikasi. Akan tetapi disinilah kelebihan OS android menurut saya. Dengan sedikit modifikasi perangkat android jadul anda dapat menginstal banyak aplikasi tanpa pusing memikirkan memori internal yang terbatas. Modifikasi yang dimaksud adalah memanfaatkan aplikasi “LINK2SD”.

Bagaimana cara kerja link2sd? Aplikasi ini akan memindahkan aplikasi yang kita instal di luar aplikasi system (aplikasi yang di instal di partisi “data” memori internal) ke memori eksternal “SD Card” kemudian membuat link nya di partisi “data” memori internal. Dengan bahasa mudahnya : aplikasi yang kita instal sebenarnya ada pada Sd Card tapi secara system android aplikasi tersebut tetap terbaca dan tersimpan di partisi data memory internal. Jadi seolah-olah memori internal kita menjadi lebih besar padahal memang tidak kita gunakan sehingga “Free space”nya tetap besar.

Ok mari kita bahas step by stepnya. Sebelumnya kita harus memenuhi syarat-syaratnya. Yaitu :

  • Perangkat android harus sudah dalam keadaan di Root. Bingung apa itu root android? Coba ke sini. Untuk cara rootnya coba googling, soalnya kalau dibahas disini pagenya akan terlalu panjang.
  • Kartu SD Card harus sudah terpartisi jadi 2. Ingat…! Partisi pertama untuk menyimpan file-file data layaknya sd card biasanya seperti buat nyimpan lagu, gambar, video, dst. Format partisi pertama adalah Fat32. Partisi ke dua formatnya bisa memilih, bisa Fat32, ext2, ext3, atau Ext4. Partisi ke dua inilah yamg dipakai untuk menyimpan aplikasi yang dipindahkan nantinya. Jadi ukuran partisi ke dua inilah yang disesuaikan, sisanya masukkan ke partisi pertama saja.
  • Bakcup dulu semua data di sd card ke komputer laptop atau pc anda. Karena dalam proses partisi sd card nantinya akan dilakukan format sehingga semua data akan hilang.

Mari kita bahas cara mempartisi sd card terlebih dahulu. Proses ini dilakukan di komputer PC atau laptop.

1. Instal Software partisi “Mini Tool Partition Wizard” yang bisa di download di sini.
2. Setelah terinstal , buka sotwarenya. Harddisk dan sd card anda akan terbaca seperti ini.
Lihat tanda panah. Itu contoh status sd card saya dengan kapasitas 14,9 gb format Fat32.

3. Lakukan penghapusan partisi sd card dengan mengeklik tombol delete kemudian disusul tombol apply. Lihat panah 3a dan 3b. Jika muncul pesan “Apply ending changes?” pilih “Yes” saja. Jika berhasil menghapus partisi akan muncul pesan “Apply all the pending changes successfully” kemudian klik “ok” selain itu status dari sd card yang tadinya kapasitas 14,9 gb format Fat32 menjadi “Unallocated”

4. Setelah statusnya unallocated segera buat partisi pertama yang ditujukan untuk penyimpanan file data user seperti lagu, gambar, video, dsb dengan format Fat32. Klik tombol “Create” (4a)
Maka akan muncul dialog untuk membuat partisi pertama.Perhatikan panah “4b, 4c, dan 4d”. Panah 4b isi dengan “Primary”. Panah 4c pilih “Fat32”. Panah 4d adalah cara untuk menentukan kapasitas partisi pertama. Lihat pada gambar langkah ke 2, total kapasitas sd card saya adalah 14,9 GB. Karena saya ingin mengalokasikan kapasitas penyimpanan link2sd adalah 2 GB maka partisi pertama saya alokasikan sebesar 12,9 GB seperti pada gambar di atas. Untuk masalah ukuran sesuaikan dengan kapasitas sd card anda serta keinginan anda sendiri. Ingat cara menentukan ukurannya gunakan fasilitas geser pada panah 4d. Setelah itu klik “ok”. Lanjutkan dengan mengeklik “Apply” seperti pada panah 3b.

5. Buat partisi ke dua untuk link2sd. Klik dulu pada Unallocated pada sd card.Kemudian klik tobol “Create” seperti pada tombol 4a. Maka akan muncul dialog pembuatan partisi ke dua. Tapi sebelum dialog pembuatan partisi ke dua muncul ada pesan “The new created partition cannot be used in windows. Because windows could only recognize the first partition on a removable disk.” Klik “yes” saja.Untuk panah 5a tetap pilih “Primary”. Panah 5b silakan pilih format sesuai keinginan. Sebagai informasi format yang didukung link2sd adalah Fat32, Ext2, Ext3, dan Ext4. Pengalaman saya pernah menggunakan format Ext2 ternyata setelah sekian hari terjadi eror tidak bisa membuat link. Kemudian saya coba menggunakan Fat32. Sampai sekarang masih aman-aman saja. Tetapi format yang dipakai bebas diantara keempatnya. Untuk panah 5c tidak perlu dilakukan perubahan karena menggunakan sisa space yang ada. Setelah itu klik “ok”. Lanjutkan dengan mengeklik “Apply” seperti pada langkah partisi pertama.

6. Yup Partisi sudah berhasil di buat tampilannya akan seperti ini.Panah 6a merupakan partisi pertama untuk menyimpan data user dan panah 6b adalah partisi ke dua untuk penyimpanan link2sd.

Sekarang waktunya melakukan pemasangan sd card pada perangkat android dan melakukan setting pada aplikasi link2sd.

1. Jika belum menginstal link2sd silakan instal dulu. Saya sarankan anda download langsung di Play store sehingga anda akan mendapatkan versi aplikasi yang paling baru. Saat tutorial ini dibuat versinya adalah 2.4.4. Sudah di instal? Lanjut ke langkah kedua.

2. Buka aplikasi link2sd. Pilih format system pada “Partisi ke dua”. Jika menggunakan ext2 maka pilih ext2 juga. Karena saya menggunakan format Fat32 maka saya pilih Fat32/Fat16. Jika sudah lakukan reboot pada perangkat android anda.

3. Jika langkah yang dilakukan sukses, setelah reboot buka aplikasi link2sd dan muncul keterangan versi aplikasi gambar “apa yang baru”. Untuk lebih menyakinkan pilih option pada device kamu kemudian pilih info penyimpanan.

4. Yup semua sudah selesai. Langkah ini di coba pada device SK17i Xperia Mini Pro Sonyericsson. Saya rasa di device lain caranya sama. Oya satu lagi. Agar setiap melakukan instalasi aplikasi baru atau pembaruan aplikasi yang sudah terinstal otomatis dipindahkan ke sd card oleh link2sd lakukan pengaturan sebagai berikut, Pilih option, lalu pengaturan. Centang pada “Otomatis Link-kan” kemudian pilih pengaturan auto link. Pastikan ke tiga opsi telah tercentang semua.
Sedikit bukti bahwa link2sd benar-benar bekerja untuk android jadul anda.

Jika ke 5 aplikasi ukurannya di jumlahkan maka total ukurannya sekitar 186,72 mb. Sedangkan pada gambar memori internal yang digunakan 90 mb. Itu membuktikan bahwa ke 5 aplikasi tetap terbaca sebagai aplikasi yang tersimpan pada memori internal akan tetapi sebenarnya tersimpan pada sd card partisi ke dua.

Semoga Bermanfaat.

NB Jika link di atas ada yang rusak silakan komentar di bawah, Secepatnya akan diperbaiki. Bebas untuk di copy paste dan di shere asal tetap mencantumkan link artikel ini.

Update Tambahan yang cukup penting (8-9-2013)
– Jangan menginstall link2sd terlebih dahulu sebelum sd card di partisi. Jika memang aplikasi sudah terinstal dulu, di remove aja. Jika sd card sudah terpartisi dan terpasang pada hp, silakan instal ulang aplikasi link2sdnya.
– Tiga hari yang lalu sudah berhasil saya praktekin lagi di samsung galaxy young yang notabene memory internalnya hanya 200an mb.