» Traveling » ID 3521 - Tour Goes To Yogyakarta – Goa Pindul, Pantai Slili, Keraton (City), Borobudur

Tour Goes To Yogyakarta – Goa Pindul, Pantai Slili, Keraton (City), Borobudur

Part 1 – Goa Pindul
Part 2 – Pantai Slili
Part 3 – Keraton Yogyakarta ( To Be Continue )
Part 4 – Borobudur ( To Be Continue )

Cave tubing menyusuri Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta
Part 1 – Tour Goes To Yogyakarta

30menit.com – Merupakan goa dengan aliran sungai didalamnya. Cave tubing merupakan salah satu cara menyusurinya.

Goa Pindul ini merupakan salah satu goa yang unik. Dikatakan unik karena di dalam goa ini melintas sungai sepanjang goa tersebut. Salah satu cara menyusurinya adalah dengan cave tubing. Apa itu cave tubing? Cave tubing masih sejenis dengan rafting. Cave tubing adalah aktifitas menyusuri sungai dalam goa dengan pelampung ban dalam. Bedanya dengan rafting, jika cave tubing di aliran sungai yang tenang sedangkan rafting di aliran sungai yang deras. Kebetulan aliran sungai di dalam goa pindul ini tenang.

Goa pindul ini secara administratif terletak di kelurahan Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul. Goa ini memiliki panjang kurang lebih 350 meter dengan lebar rata-rata 5 meter. Butuh waktu sekitar 45 menit untuk menyusurinya. Ada beberapa bagian dari goa ini yang hanya bisa dilewati oleh satu orang. Tapi juga ada beberapa bagian yang bisa menampung sampai dengan 10 orang. Terdapat tiga zona pada goa pindul ini. Zona terang berada di area start dan finis. Zona remang berada di area beberapa meter setelah masuk pintu goa dan beberapa meter sebelum area finis. Sedangkan zona gelap berada di tengah goa.

Di antara zona gelap terdapat area yang cukup luas dan anehnya di sini suasananya malah terang. Area ini oleh pemandu disebutkan sebagai goa jemblung. Suasananya terang karena di atas area ini terdapat lubang yang agak besar sehingga sinar matahari bisa masuk. Konon katanya (kata pemandunya) lubang tersebut merupakan tempat turunnya bidadari dari kayangan untuk mandi di sungai dalam goa pindul.

Salah satu penghuni dalam goa ini adalah kelelawar. Masih katanya sang pemandu, kelelawar yang ada di goa ini hampir semuanya POLIGAMI. Satu kelelawar jantan bisa memiliki 10-15 pasangan betina. Manusia saja kalah. Ada satu lagi guyonan dari sang pemandu. Di dalam goa memang terdapat sebuah stalagtit yang cukup bagus terang mengkilap. Dia menyebutnya batu kristal.

Pemandunya bilang “Batu ini gak pernah habis-habis. Padahal setiap hari selalu diambil. Malah jumlahnya semakin bertambah”.

Kemudian salah satu dari kami bertanya balik. “Loh kok bisa pak?”.

Sang pemandu bilang “Ngambilnya pakai kamera mas jadi gak habis-habis”. Wkwkwkw.. pada ketawa semua.

Kemudian ada yang menimpali “Tapi kok bisa bertambah pak?”.

Dengan entengnya sang pemandu menjawab “Yang bertambah pengunjungnya goa pindul”. Hahaha..

Ada yang nyletuk “Pemandunya bertambah dosa. Gorohi wong (Membohongi orang).”

Seru sekali wisata ke goa pindul ini. Berikut beberapa keseruan saya dengan teman-teman saat wisata ke Goa Pindul.

Agar lebih menarik lagi, simak video saya berikut :

Lanjut ke Part 2 – Pantai Slili

Tulisan Terkait
Tour Goes To Yogyakarta – Goa Pindul, Pantai Slili, Keraton (City), Borobudur oleh :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql, java script (jquery). Suka oprek-oprek android juga dan yang pasti suka jalan-jalan (treveling).

Memiliki 150 tulisan
Tambahkan Komentar Anda