» Traveling » » ID 1398

TNBTS Dilihat Dari Pananjakan Lukisan Alam Yang Indah

30menit.com – TNBTS dilihat dari Pananjakan merupakan lukisan alam yang sangat indah.

Sunrise di Pananjakan

Mungkin sudah banyak yang menulis tentang gunung Bromo. Tetapi disini saya akan coba menulis berdasarkan pengalaman saya maen ke sana yang sudah saya lakukan sebanyak 4 kali dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama yaitu 3 tahun terakhir. Saya tidak menuulis bagaimana setiap kali saya kesana tetapi disini saya tulis rangkuman dari kesemuanya.

Domisili saya yang berada di kota Malang, Jawa timur memudahkan dalam menjangkau gunung Bromo  dengan waktu tempuh kurang dari 6 jam. Ini dilihat (berangkat) dari Malang kota. Moment yang paling banyak diminati wisatawan adalah matahari terbit. Untuk bisa mendapatkannya disarankan berangkat dari Malang pukul 00-01 dini hari. Rute yang saya rasa paling aman dari tindak kejahatan dengan kondisi jalan cukup bagus adalah melewati Pasuruan. Saya pribadi pernah main ke Bromo hanya berdua dengan satu motor. Dari Malang munuju Pasuruan melewati Lawang. Sampai di Purwosari terdapat pertigaan. Jalan besar di pertigaan Purwosari dari arah malang akan membelok ke kiri dengan arah Pandaan selanjutnya Sidoarjo trus ke Surabaya. Dari pertigaan tersebut ambil jalan agak kecil sempalan ke ara timur menuju Kejayan tempat pabrik Nestle atau Otsuka didirikan. Setelah melewati Pabrik Otuska dan Nestle jalan yang anda lewati akan membelok ke kiri arah utara menjuju kota Pasuruan. Dari belokan tersebut terdapat perempatan pertama anda belok ke kanan ke arah timur. Dari perempatan tersebut anda harus sedikit konsentrasi untuk menemukan pertigaan pertama yang agak menyerong dengan plang besarnya bertuliskan Bromo atau Tosari. Ikuti jalan tersebut yang semakin lama akan semakin menanjak sampai ke Tosari. Di torasi ini lah anda akan membeli tiket untuk masuk ke TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) atau G. Bromo.

Jika anda benar-benar berangkat jam 01 dini hari, perkiraan saya anda akan sampai di Tosari pukul setengah 4. Setelah beli tiket perjalanan diteruskan menanjak sampai bertemu pertigaan, dimana jika anda ingin menikmati matahari terbit anda harus belok kiri menuju Pananjakan (View Poin). Karena suasana pagi di pegunungan dengan banyak kabut paling gampang adalah mengikuti Hartop yang biasa disewakan untuk wisatawan. O iya lupa. Untuk anda yang menggunakan kendaraan roda 4, kendaraan anda hanya bisa sampai di Tosari. Untuk melanjutkan ke Bromo anda diharuskan menyewa Hartop. Setelah sampai di Pananjakan sepeda motor di parkir di tempat yang sudah disediakan, selanjutnya jalan kaki menuju View poin. View poin ini merupakan titik tertinggi di pengunungan Tengger. Disini  anda dapat melihat matahari terbit dan seluruh kawasan lautan pasir beserta isinya (G.Bromo, G.Batok, Serta hamparan pasir yang luas) ditambah pemandangan dibelakangnya Tanah Tertinggi di P.Jawa yaitu Mahameru puncak G.Semeru.

Bromo

Pintu Masuk Pananjakan (View Poin)

Di view poin itulah banyak orang menghabiskan foto-foto dengan background alam yang sangat indah. Lukisan Sang Maha Kuasa. Tapi dari beberapa perjalanan saya ke Bromo salah satu diantaranya bisa dikatakan apes. Dari mulai datang di Vew poin sampai pukul 09 pagi kabut tidak beranjak dari tempatnya. Menutupi lukisan alam yang indah tersebut. Puas dengan foto-foto, dilanjutkan menuju lautan pasir. Pastinya jika anda meninggalkan View poin, matahari sudah terbit sehingga jalan akan terlihat jelas sekali. Sampai di pertigaan sebelumnya tadi, anda bisa berhenti sejenak karena disitu pemandangannya juga cukup bagus. Di pertigaan tersebut jika anda belok ke kanan, anda akan kembali ke Tosari. Jadi anda harus lurus dan jalan mulai menurun. Karena penurunannya cukup curam, saran saya jika menggunakan motor, jangan pernah memindahkan perseneleng. Posisikan pada perseneleng satu. Mesin akan membantu pengereman pada turunan yang curam tersebut. Setelah di bawah sampai lah anda dilautan pasir yang cukup luas, bisa untuk maen bola sepuasnya.

Matahari Sudah Nongol

Tulisan Terkait
TNBTS Dilihat Dari Pananjakan Lukisan Alam Yang Indah oleh :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql, java script (jquery). Suka oprek-oprek android juga dan yang pasti suka jalan-jalan (treveling).