Hosting Unlimited Indonesia
» Traveling » Bromo Keajaiban Alam Dengan Lautan Pasirnya

Bromo Keajaiban Alam Dengan Lautan Pasirnya

[ Masyhuri Jamil | 16/07/2016 | 4314x viewed | 2 Comemnts ]

30menit.com – Bromo. Keajaiban alam dengan lautan pasirnya hasil letusan Gunung Tengger.

Bromo

Gunung Bromo

Di lautan pasir ini saya merasa kecil di antara sesuatu yang besar. Sungguh menakjubkan. Pernah ada pengalaman yang bagi saya agak aneh bin lucu. Beberapa waktu setelah bromo dibuka lagi dari penutupan akibat letusannya beberapa tahun yang lalu, daerah sekitar bromo banyak ditutupi pasir termasuk kawasan lautan pasir. Akibat letusan tersebut rute yang biasa dilewati menjadi samar-samar karena pasirnya manjadi rata. Pada saat itu warga sekitar menawarkan tour guide memandu agar sampai ke gunung bromo. Bagi saya itu penawaran yang aneh aja. Di lautan pasir itu semuanya terlihat jelas, karena tidak ada pohon yang menghalangi. Bukan didalam hutan, tapi ditanah yang sangat lapang. Bagaimana kita bisa tersesat? Ya tidak mungkin to.. Rute manapun yang anda lewati, tujuan anda (G.Bromo) terlihat sangat jelas. Hahaha.. saya hanya tertawa di dalam hati. Paling-paling jika anda salah rute, roda motor anda akan berputar ditempat karena pasirnya kurang padat. Rute yang seharusnya biasanya memiliki kondisi pasir yang padat karena sering dilewati baik motor atau jeep atau hartop.

Bromo

Lautan Pasir Bromo

Menurut web resmi TNBTS kawasan lautan pasir yang ada pada sekitar G.Bromo sebenarnya merupakan kaldera bekas letusan G.Tengger. Dahulu kala G.Tengger merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 4000 mdpl. Lebih tinggi dari Mahameru puncak tertinggi P.Jawa sekarang yaitu 3676 mdpl. Setelah G.Tengger meletus, hasil letusan meluap memenuhi kaldera tersebut dan terbentuk pasir. Bersamaan dengan itu terbentuk gundukan yang sekarang merupakan G.Bromo denga kawahnya yang selalu mengeluarkan asap belerang menandakan gunung tersebut masih aktif. Gundukan lainnya adalah G.Batok dan beberapa gunung disekitarnya.

Bromo

Pure Umat Hindu Tengger

Sebelum anda mencapai parkiran tempat dimana kita mulai jalan kaki menuju tangga G.Bromo, terdapat sebuah pura tempat sembahyang umat Hindu masyarakat Tengger. Pura ini akan sangat ramai saat ada upacara kasada. Setelah kendaraan di parkir, kita mulai jalan kaki menanjak menuju tangga G.Bromo.  Di G.Bromo memang ada tangganya untuk naik mencapai bibir kawah. Disinilah keunikannya. Tiap orang seorang selalu berbeda menghitung anak tangganya. Saya pernah menghitungnya dan teman saya juga menghitungnya, hasilnya berbeda. Entah ini bener atau hanya mitos. Puas foto-foto di bibir kawah akhirnya kembali ke parkiran untuk melanjutkan ke bukit Teletubies.

Bromo

Tangga Menuju Kawah Bromo

Bukit Teletubies berada di belakang G.Bromo. Untuk mencapainya kita harus memutar mengelilingi lautan pasir ke arah selatan. Jika anda berangkat ke Bromo melalui jalur Tumpang Malang, pintu masuk ke lautan pasir adalah bukit ini. Akan tetapi jalur tersebut tidak disarankan untuk perjalanan malam karena rawan kejahatan, tapi boleh dicoba jalur pulang ke arah Malang. Dinamakan bukit Teletubies karena saat musim hujan bukit-bukit daerah itu didominasi oleh warna hijau rumput savana seperti bukit yang ada di serial tv Teletubies. Cukup indah untuk background foto anda. Puas dengan fotonya saatnya pulang kembali ke Malang. Bisa melewati jalur Tumpang atau kembali ke Tosari dan pulang melalui Pasuruan.

Bromo

Bukit Teletubies Belakang G.Bromo

Cerita Bersambung Jalan-jalan ke Gunung Bromo
1. TNBTS Dilihat Dari Pananjakan Lukisan Alam Yang Indah
2. Bromo Keajaiban Alam Dengan Lautan Pasirnya

Tulisan terkait
Bromo Keajaiban Alam Dengan Lautan Pasirnya di atas ditulis oleh :

Masyhuri Jamil

Tidak memiliki kompetensi di bidang coding. Tapi selalu semangat terus belajar html, css, php, mysql. Suka oprek-oprek android juga dan sudah banyak memakan korban (hp android rusak). Semoga tidak berjatuhan korban selanjutnya.

  1. Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    Dalam rangka Memperkenalkan ” Kawasan Tengger-Bromo” dari segala aspek, kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum
    *HARI KERJA MENGINAP DISINI CUKUP MEMBAYAR DENGAN SUKARELA (TANPA TARIF)* #sms/tlp: * 081249244733 – 085608326673 ( Elie )*-* 081553258296 – 081385458993 (Dudick)*

    • Masyhuri Jamil berkata:

      wah baru denger nih tanjung pondok pertanian. Boleh nih di coba lain waktu saat berkunjung ke bromo. Buat pembaca yang laen ada penawaran bagus nih. monggo di coba..