» Traveling » Telaga Ngebel, The most beautiful lake in Ponorogo

Telaga Ngebel, The most beautiful lake in Ponorogo

30menit.com – Telaga Ngebel, telaga alami yang cantik nan sejuk terletak di Kab. Ponorogo Jawa Timur

Temen-temen pernah main ke Ponorogo? Ponorogo itu tidak hanya terkenal karena REOG nya aja lo.. Tapi juga karena wisata alamnya. Salah satunya ya telaga ngebel. Merupakan telaga alami yang berada di kaki gunung wilis sehingga tidak di pungkiri lagi klo di sini suasananya sejuk.

Saya sendiri kurang tahu bagaimana telaga ini terbentuk, tetapi telaga ini memiliki legendanya sendiri. Legenda terbentuknya telaga Ngebel. Konon katanya ada seekor ular raksasa yang sedang bertapa di gunung. Tidak terlalu jauh dari tempat pertapaan ular tersebut ada sebuah kampung. Sang kepala kampung akan mengadakan pesta pernikahan untuk anaknya. Agar pestanya meriah, diperlukan banyak makanan sehingga warga kampung beramai-ramai berburu ke hutan untuk mencari hewan buruan. Cukup lama warga kampung tersebut tidak mendapatkan hewan buruan satu pun. Karena lelah mereka beristirahat. Secara tidak sengaja salah satu warga menemukan ular raksasa tersebut. Beramai-ramai mereka memotong ekor ular tersebut untuk makanan pesta. Setelah para warga kembali ke kampung, potongan ular tersebut menjelma menjadi anak kecil dengan nama “Baru Klinting”.

Baru Klinting mendatangi kampung tersebut bermaksud meminta makanan, akan tetapi penampilannya sangat kotor dan berbau, warga kampung mengusirnya. Datang seorang ibu tua mengajak Baru Klinting ke rumahnya dan memberi dia makanan. Setelah selesai memakan makanannya, Baru Klinting meminta ibu tua tersebut untuk menyiapkan lesung (tempat menumbuk padi) dan berpesan jika terjadi apa-apa ibu tua tersebut diminta untuk naik lesung tersebut.

Baru Klinting kemudian kembali ke tempat pesta kepala kampung dan mengadakan sayembara. Sebelumnya dia menancapkan sebatang lidi ke tanah. Jika ada salah satu warga yang bisa mencabut lidi tersebut, Baru Klinting akan memberikan lebih banyak makanan untuk pesta. Akan tetapi dari sekian banyak warga kampung tidak satupun yang mampu mencabut lidi tersebut. Akhirnya dicabutlah lidi tersebut oleh Baru Klinting. Dari lubang bekas cabutan lidi tersebut muncul semburan air yang kelamaan menggenang sampai akhirnya terbentuk telaga menenggelamkan seluruh kampung beserta warganya kecuali Ibu tua pemberi makanan karena terapung naik lesung.

Terlepas dari cerita legenda tersebut, telaga ngebel memang memukai keindahannya. Kalau hari libur, banyak orang berkunjung kesana. Jika yang muda-muda banyak yang kesana bersama pacarnya. Tetapi tidak sedikit juga rombongan keluarga yang datang. Walau hanya duduk-duduk piknik di pinggir telaga sambil menikmati kuliner. Sekarang sudah banyak penajaja kuliner di telaga Ngebel. Yang terkenal adalah wedang kopi plus gorengan. Mantab sambil menikmati pemandangan telaga. Selain itu juga ada wahana Speedboat mengelilingi telaga.

Yup.. Klo maen ke Ponorogo jangan lupa mampir ke telaga Ngebel Kawan. Berikut sedikit dokumentasi saya saat main kesana saat liburan tahun baru kemaren.

Tulisan Terkait
Telaga Ngebel, The most beautiful lake in Ponorogo oleh :

Fitri Subekti

peace, green, & osing lover

Memiliki 4 tulisan
Tambahkan Komentar Anda